Monday, May 14, 2018

[EVENT REPORT] : MITOS DAN FAKTA SEPUTAR KEHAMILAN???


Jadi tanggal 09 Mei 2019 kemarin di Bandung, aku di undang oleh Clozette Indonesia dan Parenting Club Indonesia untuk datang menghadiri acara Sharing Session Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan dengan pembicara Nina Zatulini, Dr. Dinda Derdameisya, Sp. OG.

Photo Credit By. Yubikanobi_ 
Kalian sendiri sudah kenal belum apa itu Parenting Club Indonesia? Apa sudah kenal dan tahu sebelumnya? Kalau aku sih jujur aku baru saja tahu apa itu Parenting Club Indonesia bulan lalu. Tetapi baru menjadi membernya minggu-minggu kemarin. 

Di websitenya sendiri banyak sekali artikel-artikel menarik tentang seputar kehamilan, artikel tentang ibu dan anak, bahkan ada halaman tools yang dapat membuat kita mengetahui kapan masa subur kita loh. Menarik kan mom?

Acaranya sendiri tepatnya digelar di restoran Jl. Dr Cipto, The White Clover Bandung ini bertujuan untuk membantu para moms and mom-to-be untuk mengetahui mitos-mitos yang beredar di Indonesia seputar kehamilan dan faktanya.

Photo By. Yubikanobi_

Dr. Dinda membahas mitos - mitos yang ada di Indonesia, dan membandingkannya dengan segi ke ilmuan di bidangnya. Seperti contoh :

- Minum air es dapat menyebabkan bayi lahir besar.
Faktanya yang membuat bayi lahir besar adalah jumlah konsumsi gula. Jika ingin menambah berat badan janin sesuai dengan berat yang harus dicapai bisa dilakukan dengan mengkonsumsi protein.

- Ibu hamil dilarang berolahraga
Faktanya The American Collage of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan wanita dengan kehamilan risiko rendah untuk berolahraga dengan intensitas menengah selama kehamilan. Olahraga akan menurunkan risiko pre eklampia, diabetes dalam kehamilan, dan menurunkan risiko penyakit kronis baik untuk untuk ibu dan bayi.

- Menggaruk kulit perut dan bokong akan menimbulkan stretchmark selama masa kehamilan.
Faktanya penyebab timbulnya guratan atau striae pada saat hamil adalah adanya perubahan sel-sel yang menyebabkan pembengkakakandermis.. Hal ini menyebabkan epidermis atau kulit bagian paling luar kehilangan penyambung jaringan, kondisi ini terlihat sebagaii garis-garis guratan.

- Makan durian bisa menyebabkan keguguran saat hamil.
Faktanya saat ini belum jelas fakta mengenai durian menyebabkan keguguran saat hamil. 

Ibu hamil dilarang makan nanas karena dapat mengakibatkan keguguran.
Faktanya nanas mengandung vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang baik untuk ibu hamil. Batasi saja jumlah konsumsinya agar tidak berlebihan.

- Berhubungan seksual setiap hari dapat mempercepat kehamilan.
Faktanya hubungan seks yang di anjurkan adalah 2x seminggu. Sebab jika dilakukan terlalu sering akan mengganggu kualitas sperma dan beban kerja prostat akan berlebih.

- Jika ingin mengandung anak perempuan, harus banyak makan sayur. Jika ingin mengandung anak laki-laki, harus banyak makan daging.
Faktanya hal ini tidak berpengaruh karena jenis kelamin janin dipengaruhi oleh gen dari kedua orang tuanya.

- Ibu hamil tidak boleh memakai makeup atau skincare.
Faktanya penggunaan skincare dan makeup dibolehkan, asal menggunakan produk yang dijual bebas dan tentunya sudah mendapat ijin dari BPOM.

Untuk  krim-krim racikan dokter ada baiknya dihindari. Penggunaan hair tonic untuk rambut rontok dan obat jerawat yang mengandung retinoid juga harus dalam pengawasan dokter, jadi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terpercaya. Untuk makeup juga sebenarnya produk apapun aman, selama sudah ada ijin BPOM. 

Nah adapun salah satu tools yang pernah aku coba di website Parenting Club Indonesia adalah Smart Ovulation Calendar dan Pregnancy Due Date Calculator. Karena memang aku belum punya anak di tools websitenya sendiri ini ngebantu aku banget buat aku mengetahui kapan masa subur aku.



Bisa dilihat di gambar atas kalau masa suburku berkisaran tanggal 21 Mei sampai dengan 25 Mei dan perkiraan ovulasi adalah tanggal 23 Mei. Membantu banget kan? dan dengan Smart Ovulation Calendar, dan para moms to-be dapat mengetahui siklus masa subur yang akan datang.

Sedangkan kalau para moms menggunakan tools Pregnancy Due Date Calculator, moms dapat mengetahui kapan perkiraan hari lahir si baby dan milestone-milestone apa saja yang harus dicapai setiap bulannya. Tentu saja ini sangat berguna banget untuk para moms and mom-to-be yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan.



Tentu saja banyak banget kan ilmu baru yang bermanfaat aku dapatkan di Sharing Session kali ini.

Kemudian acara di lanjutkan dengan kegiatan melukis plushie yang kemudian hasil karyanya bisa aku dibawa pulang. Nah disini aku dapetin gambar baby yang ada rambutnya moncong dikit di atas, gemesin banget deh pokoknya :)


Hasilnya acak-acakan karena diburu-buru waktu, hahaha tapi lucu kan? Aku pulang bawa ini lalu aku liatin ke suami, suamiku ketawa ngakak. Hihi

Acara ditutup dengan photo session bersama pembicara dengan para undangan acara. Thank You 
Clozette Indonesia dan Parenting Club Indonesia for having me dan see you next event.


XOXO,
SANI MS



1 comment:

  1. Bermanfaat banget buat aku yg sedang mengandung. Heee

    ReplyDelete

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, no SPAM and no LINK HIDUP)
Thank You and Have a nice day ❤

THEME BY RUMAH ES