Wednesday, November 22, 2017

[NGOPCAN #3] : SPECIAL 1ST BEAUTIESQUAD ANNIVERSARY

Siapa sih yang tentunya yang tidak join Facebook pagenya Beautiesquad? Dan siapa pula sih yang gak tau sama salah satu komunitas Beauty Blogger ini? Hehe



Yup, aku adalah salah satu yang join Beautiesquad lewat Facebook. Waktu itu suatu hari pas baru-barunya mengenal dunia blogger, aku liat banner Beautiesquad di salah satu blognya beauty blogger (lupa blog siapa :D), lalu aku klik banner Beautiesquad dan langsung terhubung ke grupnya di Facebook, tanpa pikir panjang aku join deh, karena aku ngerasa Beautiesquad itu suatu nama komunitas Beauty Blogger yang unik, jarang-jarang kan ada komunitas beauty blogger dengan nama unik :D

Ok, back to topic. Jadi pada tanggal 11 November 2017 kemarin Beautiesquad ngadain acara NGOPCAN yang ke 3-nya. Di spesial episode 1st Beautiesquad Anniversary ini Kak Vina Eska sebagai pembicaranya sendiri. Aku seneng banget sih bisa ikutan Ngopi Cantik bareng Beautiesquad, karena disitu aku bisa banyak banget tau sejarah tentang berdirinya komunitas Beautiesquad.


Nah dari hasil ngopi cantik bareng Beautiesquad waktu itu aku mau jabarin beberapa informasi yang aku dapat tentang Beautiesquad itu sendiri.

Jadi apa sih Beautiesquad itu? Beautiesquad merupakan komunitas Beauty Blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki tujuan menyatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama. Beautiesquad sendiri berdiri pada November 2016 lalu. Kapan sih tepatnya? Tepatnya pada tanggal 23 November 2016, dan pada tanggal 23 November 2016 pula merupakan hari dimana kolaborasi makeup pertama Beautiesquad dengan tema Smoky Eyes. Pada awalnya pun Beautiesquad didirikan dengan nama Beauties saja, namun akhirnya berganti menjadi Beautiesquad.


Singkat cerita, BS (singkatan Beautiesquad) pertama kalinya bekerja sama dengan brand INEZ yang cukup menggemparkan dunia blogger. Banyak yang ingin bergabung menjadi anggota BS (termasuk saya :D) selama itu pula BS mulai gencar bekerjasama dengan brand-brand lain. Tidak hanya memberikan kesempatan kepada member inti saja, tapi juga beberapa kali memberikan kesempatan kepada member Facebook untuk mendapat sponsor.

Layaknya sebuah komunitas, pasti harus mempunyai Visi dan Misi dong ya, adapun visi dan misi Beautiesquad sendiri adalah :
V I S I :

1. Menjadi Pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia.
2. Menjadi wadah berkembang bersama para Beauty Blogger dan Beauty Influencer.

M I S I :

1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi Beauty Blogger yang berkarakter dan bertanggung jawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan.
2. Menjadi jembatan antara Beauty Micro Influencer dengan brand.

3. Menjadi wadah berkreasi para Beauty Blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan.

4. Menjadi referensi bagi para Beauty Enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon)

Kepengurusan BS juga melakukan reshuffle di pertengahan tahun yang kita tahu strukturnya sampai saat ini. Membuat beberapa program seperti Ngopi Cantik, Collab setiap bulannya dan mengarahkan member Facebook Group agar sesuai dengan standar blogger dan BS sendiri, sehingga bisa masuk sebagai member Whatsapp inti.

Tentunya siapa saja sih Beautiesquad Officersnya? Penasaran kan?






Adapun program Beautiesquad yang berjalan secara continue sampai saat ini adalah makeup collab, sponsored review, dan ngopi cantik. Kedepannya sesuai dengan misi BS, BS akan mengoptimalkan media sosial untuk dijadikan wadah berkembang bersama.
Jadi karena Beautiesquad adalah group blogger, untuk menjadi blogger yang lebih baik, BS memutuskan untuk memiliki SEO Analysis yang fungsinya adalah membantu mengetahui apakah blog member sudah sesuai dengan kriteria SEO, baik itu dari template, penulisan, dan widget pendukungnya.

Gak semua blogger memahami tampilan blog yang baik atau cara menulis yang SEO Friendly. Jadi untuk kedepannya BS berencana untuk membantu para member keluar dari kebingungan dan menjadi blogger yang lebih baik.

Kalian ingin dipercaya BS buat mereview brand yang menjadi sponsor BS? Salah satu kriterianya kalian harus aktif juga beberapa syarat utamanya adalah :

1. Punya Blog bukan sembarang blog.
Blognya harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Tata cara menulis pun harus sesuai SEO dan enak dibaca, mulai jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca. Kalau kalian mau belajar lebih jauh masalah SEO, kalian bisa googling kok. Masalah ambil foto juga dinilai loh, apakah penataanya berantakan atau tertata.

2. Top Level Domain ini peraturan yang baru saja disahkan. Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored, jadi TLD sangat diutamakan. Apa sih TLD itu? TLD adalah yang dibelakangnya tidak ada blogspot.com atau wordprees.com, atau wix.com. Hanya .com, .net, .id atau yang lainnya. Kenapa itu penting? Karena dalam dunia blogging ada istilah DA PA, kalian bisa google tentang itu, dan kalau kalian sudah TLD, DA PA yang muncul adalah milik blog kalian sendiri. Kalau masih free blog seperti blogspot atau wordpress, DA PA itu milik mereka, bukan blog kalian sendiri. Tingginya DA PA itu berpengaruh ketenaran blog kalian yang berimbas ke pendapatan kalian.

3. Minimal menulis tentang beauty 2x dalam sebulan diblog.
Brand atau sponsored mana sih yang tidak senang jika melihat blog yang di percayanya aktif menulis diblognya sendiri.


4.  Disiplin dan memiliki attitude .
Ini sangatlah penting. Disiplin terhadap waktu pengumpulan foto collab atau link sponsorlah contohnya. Beri kabar kalau ada hal yang tidak terduga terjadi waktu collab atau sponsor, paling tidak 1x24jam. Kecuali ada masalah mendakak, misalkan kecelakaan (mudah-mudahan tidak ada ya). Kalau masalah attitude, paling tidak kalau kalian ada salah harus berani meminta maaf, kalau bertanya yang sopan tidak nyolot, tidak melakukan plagiarisme, karena itu bukan buat nama baik BS melainkan buat nama baik kita sendiri.

5. Memiliki fanpage dan twitter selain Instagram. 
Untuk instagram BS sendiri menetukan standar yaitu 500 followers. Twitter paling tidak 100 followers. Kenapa harus punya ke 3 sosmed itu? Ya semua balik lagi alasan syarat nomor 2. Selain itu 3 medsos tersebut bisa menjadi ladang trafik untuk kalian kalau kalian gunakan wise.

6. AKTIF.
Aktif bukan berarti aktif menjilat ya. Aktif terlihat di group, aktif dalam sesi sharing. Intinya kita harus aktiv berkontribusi.

7. Rajin ikut collab.
Beautiesquad officers gak bakalan notice kalian kalau kalian gak ikutan makeup kolaborasi. Kan dari sana cara kalian blogging, mempresentasikan sesuatu, dan lainnya di notice.

8. Lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder.
Kalau menurutmu kamu sudah menikuti semua hal di atas, tetapi kenapa tidak dipilih juga? Bisa jadi ada satu spec yang kamu lewati. Mungkin kamu kurang ber attitude, atau kamu suka telat, atau kamu nulisnya masih 4L4Y, atau followersnya beli. Everything is possible. Apalagi followers beli, iiiihhh gak banget deh ah.

Beautiesquad ingin kita menjadi bloggers yang baik, sehingga bisa mendapatkan banyak benefit juga kaya adsense, paid sponsored, free beauty box, dan lain sebagainya. Dan untuk brand, Beautiesquad hanya memberikan blogger terbaik sesuai kebutuhan mereka.


Ok thats all, aku jadi lebih banyak mengetahui sejarah dan lebih banyak lagi mendapatkan ilmu di dunia blogger di NGOPCAN #3 special episode beautiesquad anniversary ini. Mudah-mudahan artikel ini berguna dan membantu untuk kalian yang KEPO dan masih bertanya-tanya apa sih BEAUTIESQUAD itu? Bagaimana kita bisa dipilih, dipercaya oleh Beautiesqud untuk bekerjasama dengan mereka.



FOLLOW AND JOIN BEAUTIESQUAD ON :

Instagram : Beautiesquad 
Facebook Group : BEAUTIESQUAD
Fanpage Facebook : Beautiesquad



Let's Be Friend with me :

Instagram : Sani MS 
Fanpage Facebook : svnnyms.com 

5 comments:

Hi ! You can leave me a comment (But please no SARA, no SPAM and no LINK HIDUP)
Thank You and Have a nice day ❤

THEME BY RUMAH ES